Sunday, 03 Jul 2022
  • Selamat Datang di website SMP Negeri 2 Jayapura

SMP Negeri 2 Jayapura Gelar MPLS Siswa Baru

Jayapura, Dharapospapua.com  –  SMP Negeri 2 Jayapura resmi menggelar Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) mengawali tahun pelajaran 2018/2019.

Pelaksanaan kegiatan ini sebagai pengganti masa orientasi siswa  baru yang ketentuannya masih mengacu pada Permendikbud Nomor 18 Tahun 2018.

“Tentunya bertujuan untuk mengenali potensi diri danga membantu siswa baru beradaptasi dengan lingkungan sekolah baik terhadap aspek keamanan, fasilitas umum dan sarana prasarana yang ada,“ terang Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan setempat, Dr. Fachruddin Pasolo, usai membuka MPLS siswa baru SMPN 2 Jayapura, Kamis (12/7/2018).

Selain itu juga siswa baru dapat menumbuhkan motivasi, semangat dan cara belajar serta mengembangkan interaksi positif antar siswa dan warga sekolah.

Kemudian, menumbuhkan perilaku siswa seperti kejujuran, kemandirian dan sikap saling menghargai, hidup bersih dan sehat.

“MPLS yang dilakukan ini bertujuan agar siswa baru dapat mengenal secara fisik maupun sosial dengan para guru. Dengan begitu, siswa baru dapat mempersiapkan diri untuk menerima pendidikan di SMP Negeri 2 ini dan bersemangat dalam belajar,” lanjutnya sembari berpesan untuk menghentikan kegiatan-kegiatan yang tidak penting,yang bisa mengganggu proses belajar mengajar siswa.

Fachruddin juga tak lupa berpesan kepada para orang tua siswa baru.

“Saat awal mereka masuk, maka para orang tua wajib mengantarkan anaknya ke sekolah, karena
tanggung jawab pendidikan ada pada Pemerintah, orang tua dan pemangku kepentingan  lainnya,” tandasnya.

Ditambahkan pula, untuk proses penerimaan peserta didik baru (PPDB) di SMPN 2 dan sekolah lainnya di Kota Jayapurasudah sesuai dengan Permendikbud RI Nomor 14 Tahun 2018.

Ketua Komite SMPN 2 Jayapura, Aziz Bao berharap siswa baru agar mengikuti MPLS dengan baik dan tidak perlu takut, serta  bisa memahami aturan yang berlaku.

Ia juga berharap para siswa berusaha dengan giat untuk mendapatkan yang terbaik.

Kepala SMPN 2 Jayapura, Sartje Momot, S.Pd, MM  merincikan siswa baru yang diterima hingga pembukaan MPLS sebanyak 462 siswa.

“Dan sesuai kapasitas yang harus kami terima sebanyak 256 siswa. Namun hanya karena menggunakan sistem zonasi maka membengkak sampai 462 siswa dengan jumlah total 13 rombongan belajar,” rincinya.

Sartje juga menyampaikan apresiasi kepada Kepala Disdikbud setempat, Dr. Fachruddin Pasolo yang sudah membuka kegiatan MPLS SMPN 2 Jayapura.

Juga, Ketua Alumni Ny. Cristhina  L. Mano, S.IP, M.Ap, yang walaupun dalam kesibukannya namun tetap meluangkan waktu untuk hadir bersama di sini.

Ucapan yang sama juga kepada disampaikan kepada Ketua Komite, serta para orang tua siswa.

Post Terkait

0 Komentar

KELUAR